Penulis: Media KMNU UNY 2022, kmnu.uny.or.id – 22 Okt 2022 22:26 WIB

Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Universitas Negeri Yogyakarta (KMNU UNY) baru saja menyelenggarakan kaderisasi tingkat I secara luring pada 15-16 Oktober 2022 lalu. Acara yang dikenal dengan nama Izzatun Nahdliyyin Ula (INU) tersebut dihelat di Pondok Pesantren Qashrul Arifin, Minomartani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.

INU KMNU UNY 2022 merupakan kaderisasi tingkat pertama yang dilaksanakan secara luring pasca pandemi COVID-19. Selama 2 tahun sebelumnya, kaderisasi tingkat I KMNU UNY terpaksa diselenggarakan secara daring demi mengindahkan aturan pemerintah terkait pembatasan aktivitas berkerumun.

INU KMNU UNY 2022 diikuti kurang lebih sebanyak 70 peserta dari berbagai jurusan dan angkatan di universitas tersebut. Tidak hanya itu, KMNU Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA) juga turut menitipkan kader barunya sejumlah 8 peserta untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

INU KMNU UNY merupakan kaderisasi bagi mahasiswa UNY yang berkeinginan menjadi anggota organisasi berlatar Ahlussunnah wa al-Jama’ah An-Nahdliyah tersebut. Sementara itu, 8 kader titipan dari organisasi sejenis universitas lain itu adalah mereka yang tertinggal dalam pelaksanaan kaderisasi tingkat I KMNU UIN SUKA.

INU KMNU UNY 2022 dilaksanakan dalam beberapa acara, mulai dari talkshow, pembacaan istighosah, ratibul haddad, selawat maulid simtudduror, pembaiatan, hingga ziarah. Pertama, talkshow atau pemaparan materi dibagi 4 pembicara dengan tema sebagai berikut:

  • Materi 1 Ahlussunnah wa al-Jama’ah oleh Dr. Arif Rohman, M.Si, (Dosen FIP UNY).
  • Materi 2 NU oleh Ustadz Chumaydi (Pengurus PWNU DIY).
  • Materi 3 KMNU oleh Muhammad Fajrul Rahman, S.Sos. (MPO KMNU Nasional).
  • Materi 4 KMNU UNY oleh Syamsul Dwi Maarif, S.S. (Kontributor Agama Tirto.id).

Kedua, pembacaan istighosah, ratibul haddad, dan selawat maulid simtudduror yang dipimpin secara kondisional. Acara-acara sejenis ini merupakan bentuk pengenalan kepada para calon anggota baru mengenai budaya Aswaja di KMNU UNY.

Ketiga, pembaiatan yang dipimpin Ahmad Zidan Nahari selaku Ketua Umum KMNU Regional Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pembaiatan merupakan acara pengikraran janji peserta baru pada NU dan KMNU UNY dilakukan calon anggota baru.

Terakhir, ziarah maqbaroh Kiai Mustafa, imam pertama Masjid Pathok Negoro Plosokuning Sleman. Acara ziarah ini dipimpin Fathan Pandya Sudarmoko selaku Ketua INU KMNU UNY 2022 diikuti para anggota baru beserta panitia.